Sunday, March 13, 2011

Hindari Kelebihan Makanan dalam Diet

Kelebihan makanan dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, karena kelebihan makanan dapat menyebabkan kelebihan bahan kimia tertentu, sehingga tubuh kita sulit menanggulangi keadaan kelebihan bahan kimia tersebut. Apa yang akan terjadi jika di dalam tubuh kita terjadi kelebihan bahan kimia? Tentu saja akan menimbulkan masalah yang dapat merugikan Anda sekalian.

Kelebihan bahan kimia akibat kelebihan makanan ini akan menimbulkan gangguan iritasi, peradangan (inflamasi), atau alergi. Misalnya gangguan penyakit coeliac (coeliac disease) disebabkan glutein gandum, dan butir lainnya yang merusak dinding usus. Kondisi diabetes mellitus (kencing manis) atau hipoglikemi diketahui karena konsumsi gula yang berlebihan.

Sembelit, radang selaput lendir, alergi, penyakit jantung, stroke banyak juga dikaitkan dengan pemakaian produk susu yang berlebihan. Gangguan pembuluh arteri dan otot jantung lainnya disebabkan karena kekurangan mineral magnesium (Mg). Masih banyak lagi kondisi-kondisi penyakit yang dikarenakan oleh karena faktor makanan.

Meskipun belakangan faktor gen diketahui menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut, namun faktor makanan yang tidak seimbang akan menambah daftar panjang munculnya (terekspresinya) gen-gen yang telah defek (rusak) tersebut. Atau bahkan celakanya kelebihan bahan kimia akan memicu perubahan gen. Nah, perubahan gen ini akhirnya akan memunculkan manifestasi klinis dan gejala-gejala penyakit tertentu.**Lily Kasim**

Saturday, March 12, 2011

Cara Mencegah Proses Penuaan

Menurut Tom Spies, MD bahwa semua penyakit disebabkan oleh bahan kimia, semua penyakit dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan kimia. Masih menurut Tom Spies, MD bahwa semua bahan kimia yang digunakan tubuh, kecuali oksigen yang kita hirup di udara kita, dan air yang kita minum, diserap melalui makanan.

Ketika keutuhan jaringan tubuh terganggu, misalnya sobek, luka, dan lain sebagainya, jaringan tersebut akan kekurangan zat gizi yang baik. Akibat proses ini maka jaringan akan mengalami proses menua. Hal ini terjadi karena zat gizi yang menjaga keutuhan jaringan tersebut rusak bersama rusaknya jaringan tersebut. Jaringan ini kekurangan zat penjaga "integritas jaringan".

Ada orang yang masih muda namun rambut mereka sudah ditingkahi uban. Atau ada yang melihat wajah seseorang yang lebih tua dari usia mereka. Atau ada orang yang berusia awal pertengahan namun jaringan otak dan pembuluh darahnya sudah mengalami penuaan. Sayang sekali bukan? Karena sesungguhnya proses penuaan ini dapat kita cegah.

Bagaimana cara mencegah proses penuaan ini? Apabila kita membantu tubuh kita memenuhi kebutuhan nutrisi dengan sebaik-baiknya, maka proses penuaan ini dapat dicegah. Kita dapat membantu jaringan memperbaiki dirinya dengan pemberian nutrisi melalui makanan yang sehat dan bergizi. Sementara, untuk mendapatkan makanan dengan gizi yang baik, ada baiknya Anda mengikuti anjuran makan yang baik ini. Salam sehat...**Lily Kasim**

Friday, March 11, 2011

5 Anjuran Makan yang Menyehatkan

Seorang dokter yang bernama Tom Spies, MD pernah mendapatkan penghargaan dari asosiasi dokter di Amerika (American Medical Association) karena usahanya yang sangat gigih dalam bidang penyembuhan melalui makanan. Jauh sebelum itu, bapak kedokteran dunia, Hippocrates pernah mengatakan: "Kita tidak akan pernah dapat memahami penyakit sampai kita memahami makanan." Seorang rasul terakhir bernama Muhammad SAW pun pernah berkata bahwa semua penyakit bersumber dari perut.

Menyimak kenyataan tersebut Dr. Bernard Jensen, D.C, Ph.D memberikan 5 aturan makan yang dapat menyehatkan Anda sekalian. Kelima aturan makan ini dapat Anda simak berikut ini:
1. Jangan menggoreng atau menggunakan minyak panas ketika memasak.
Hal ini memang tidak umum, dan mungkin Anda akan berfikir makanan Anda tidak sedap. Tetapi tahukah Anda bahwa menggoreng akan menurunkan nilai gizi? Ya, saya rasa Anda sudah paham, tetapi, lebih dari itu, makanan yang digoreng dapat membuat makanan Anda sulit dicerna dan merusak zat gizi yang dinamakan lesithin yang sebenarnya berguna untuk penyeimbang kadar lemak tubuh Anda.

2. Makanlah ketika lapar.
Anjuran ini sebenarnya sudah ada sejak jaman nabi Muhammad, SAW. Maknanya, bahwa enzim pencernaan akan berfungsi maksimal ketika irama tubuh saat itu sesuai, yaitu lapar-makan.

3. Berhenti makan sebelum kenyang.
Hal ini senada dengan poin nomor 2, bahwa janganlah makan berlebihan, karena kelebihan kalori akan disimpan sebagai lemak, dan ini tidak baik untuk kesehatan Anda

4. Kunyahlah makanan dengan baik.
Proses mengunyah makanan dengan baik bertujuan agar enzim pencernaan Anda baik yang berada di mulut, maupun di saluran cerna lainnya dapat bekerja optimal menghasilkan saripati gizi yang diperlukan bagi kelangsungan hidup Anda.

5. Jangan makan ketika kondisi sakit, emosional, tidak lapar, kedinginan, ataupun kesakitan.
Kondisi-kondisi ini sesungguhnya memerlukan respon yang sesuai dari tubuh kita. Bahwa ketika sakit justru Anda membutuhkan istirahat. Seringkali bahwa istirahat merupakan satu-satunya respon tubuh yang diperlukan untuk keadaan tersebut karena proses pencernaan makanan membutuhkan energi dan melibatkan kerjasama organ lain yang memerlukan waktu beberapa jam sampai energi tersebut tersedia bagi tubuh kita

Inilah kelima anjuran makan yang dapat saya bagi bagi kesehatan Anda semua. Semoga pelan-pelan budaya makan kita mendekati 5 anjuran makan yang dapat menyehatkan Anda ini. Salam sehat...**Lily Kasim**

 
Design by Wordpress Theme | coupon codes